Senin, 04 April 2011

Baru Nyadar

Beberapa hari terakhir saya iseng-iseng buka suatu ebook yang berjudul Waste Water Quality Monitoring & Treatment. Pada awalnya saya bertekad, "gw harus bisa ngartiin ni ebook, gw yakin bisa!" Intinya sih saya sangat antusias dengan hal yang berbau WWTP /waste water treatment plant.

....Beberapa menit kemudian,
Beuh, capek juga mentraslate buku yang tebalnya 379 halaman. Dan hasilnya adalah progres yang menakjubkan. Akhirnya saya berhasil mentranslate daftar isinya. Prestasi yang biasa aja. Menurut saya sih awal yang baik.


Ini dia bukunya. Bagus banget buat yang mau tau lebih tentang pengolahan limbah cair. Penerbitnya wiley. Intinya sih penerbit bagus. Saya jadi sadar, ternyata biosensor berperan sekali dalam WWTP. Ada juga reverse osmosis, beberapa istilah seperti TOC (Total Organic Compound) baru ngeh. 

Terus saya browsing lagi, dan nemu Solar Powered Water Treatment yang ternyata sudah ada di Filipina.
Intinya sih di Provinsi Iloilo, Filipina ada klub yang mendonasikan Solar Powered Water Treatment. Mantap Jaya! Bikin WWTP-nya aja masih bingung dan kompleks, eh yang satu ini udah make solar sel lagi. Saya sih berharap Indonesia juga dapat donasi juga. Biar kualitas air bersih kita meningkat dan gak suram lagi.

Kita berharap pengolahan limbah cair di Indoneisia bisa berkembang tidak hanya di ranah industri saja, pertambangan saja, tetapi juga bisa diimplementasikan ke kali Ciliwung yang tercinta.
Mari Kita amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar